Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

Abstrak: Pemahaman Kosakata digunakan sebagai dasar dalam penguasaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lainnya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas V SDN 3 Sambigede Kecamatan Sumberpucung, fakta dilapangan menunjukkan bahwa penguasaan kosakata pada siswa masih kurang. Dari hasil tes, diperoleh data 19 dari 23 siswa masih salah dalam menemukan persamaan kata, 22 dari 23 siswa masih salah dalam lawan kata, dan 16 dari 23 siswa masih salah dalam makna kata. Data tersebut dijadikan pertimbangan oleh peneliti untuk meneliti terkait pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus IV Kecamatan Sumberpucung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasi yang bertujuan mencari hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus IV Kecamatan Sumberpucung yang berjumlah 168 siswa. Pengambilan sampel dengan mengambil sebanyak 30% dari jumlah tiap sekolah, kemudian diperoleh sampel sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mengetahui penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa berada dalam ketegori sedang; (2) berdasarkan uji korelasi di peroleh nilai korelasi antar variabel sebesar 0,707, yang berarti terdapat hubungan korelasi yang sangat kuat antara variabel penguasaan kosakata dan variabel kemampuan membaca pemahaman; (3) pada uji regresi diperoleh nilai Sig. 0,000b < 0,05, hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh antara variabel penguasaan kosakata tehadap variabel kemampuan membaca pemahaman; (4) berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai t sebesar 7,207 dan signifikansi 0,000 serta nilai t tabel sebesar 2,007. Karena nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hipotesis yang telah dirumuskan diterima, yaitu terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus IV Kecamatan Sumberpucung.

Kata kunci: Penguasaan Kosakata, Kemampuan Membaca

Sari, Andika Puspita (2019) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Andika Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts