5 Tips Chat yang Baik Ke Dosen

Apakah kalian sering mengirim email, SMS atau chat dengan dosen kalian tetapi jarang mendapat tanggapan? Mungkin ada yang salah. Mungkin karena kurang sopan, atau kurang tepat saat mengirimkan pesan. Sehingga dosen kalian pun, jangankan mau membalas, jika terjadi hal seperti itu yang ada dosennya akan marah. Lalu bagaimana tips menghubungi dosen yang baik?

1. Menyapa dan Ucapkan Salam

Salam terdengar sederhana dan tidak ada hubungannya dengan tujuan mengobrol. Tapi jangan biarkan obrolan kalian tidak terjawab hanya karena dosen kalian menganggap kalian tidak punya sopan santun. Jadi pastikan untuk menyapa atau menulis "Selamat pagi/siang/malam" di awal obrolan, teks, atau email sebelum menyampaikan maksud obrolan kalian.

2. Perkenalkan diri Kalian

Seorang dosen biasanya tidak hanya dibebani oleh 1 atau 2 mahasiswa saja, sehingga seyogyanya kalian memperkanlkan diri kalian. Jangan khawatir, cukup perkenalkan diri kalian dengan singkat. Karena dosen kalian tidak hanya memiliki satu atau puluhan mahasiswa. Dia mungkin memiliki ratusan atau ribuan siswa di kampus atau di tingkat yang berbeda. Lalu seperti apa cara memperkenalkan diri yang baik? Kalian bisa menuliskannya dengan “Saya Ucup, mahasiswa Jurusan Sastra Budaya Angkatan 2018 yang merupakan anak bimbingan skripsi ibu”.

3. Jelaskan Tujuan dan Maksud

Setelah menyapa dan memperkenalkan diri, sampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian ingin berkomunikasi dengan dosen pembimbing kalian. Jangan sampai menyingkat tulisan kalian, karena akan terlihat kasar dan tidak sopan.

4. Jangan Terkesan Menyuruh

Jangan bertanya dan memerintah dosen, terutama untuk menjadwalkan konsultasi. Ikuti proses dan waktu luang instruktur. Karena kalianlah yang membutuhkan, kalian perlu mengalah dan meluangkan waktu untuk jadwal konseling yang telah ditentukan.

5. Sampaikan Terima Kasih

Terakhir, pastikan untuk mengucapkan terima kasih dengan sopan dan singkat sebelum mengirim chat, SMS, atau email.

gambar: freepik.com

Related Posts