Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VI SDN Sawojajar 5 Malang

Abstrak: Bilangan merupakan salah satu materi dalam matematika di tingkat sekolah dasar yang paling sering digunakan. Bilangan bulat adalah bilangan yang utuh dan bukan pecahan yang terdiri dari bilangan positif, bilangan negatif dan bilangan 0. Operasi hitung campuran adalah jenis perhitungan yang melibatkan lebih dari satu operasi hitung yaitu penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIB SDN Sawojajar 5 Malang, ditemukan bahwa siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat. Oleh karena itu, penting untuk mencari jenis kesalahan yang dilakukan siswa agar guru dapat melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VI SDN Sawojajar 5 Malang, (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VI SDN Sawojajar 5 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi, tes tertulis dan wawancara. Instrumen penelitian berupa soal tes tertulis dan pedoman wawancara. Hasil studi dokumentasi dan tes tertulis menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan operasi, kesalahan akibat kecerobohan, kesalahan prosedur tes dan kesalahan acak. Sedangkan hasil wawancara menunjukkan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang konsep, daya ingat yang rendah, kurang teliti, kurang konsentrasi, kurangnya minat siswa, tidak dapat membagi waktu dengan baik serta kelelahan yang dialami siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat saran yang ditujukan kepada beberapa pihak. Bagi guru hendaknya memberikan contoh penerapan operasi hitung campuran bilangan bulat dalam dunia nyata dengan cara memberikan soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Bagi kepala sekolah hendaknya meninjau kesulitan-kesulitan yang dialami guru di lapangan, bila perlu memberikan pelatihan atau pembinaan kepada guru. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan yang lebih dalam tentang operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VI.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Operasi Hitung Campuran, Bilangan Bulat

Purnamasari, Anggita Septi (2019) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VI SDN Sawojajar 5 Malang / Anggita Septi Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts