4 Tips Saat Bertemu Dosen Pembimbing Skripsi Pertama Kali

Saat mengerjakan skripsi, tentunya kalian pasti ingin mendapatkan dosen pembimbing yang enak dan dapat membantu hingga lulus. Nah, pada saat menemui dosen pembimbing untuk pertama kalinya sudah pasti akan menjadi kesan yang melekat. Kesan pertama yang baik dapat sangat mempengaruhi penilaian seorang dosen. Jika kesan pertama kalian baik, konsultasi selanjutnya akan lebih mudah dan persuasif. Berikut beberapa tips pada saat bertemu dengan dosen pembimbing pertama kali.

1. Penampilan

Berpakaianlah yang pantas dan rapi. Pakaian yang sopan dan rapi tidak harus mahal. Selain pakaian, pastikan kalian juga memakai sepatu (bukan skalianl) dan hadirkan penampilan yang bersih dan wangi. Mengapa? Karena jika Kalian mengajar tatap muka, tetapi Kalian tidak mandi, bau, dan tidak berganti pakaian selama berhari-hari, instruktur Kalian pasti tidak nyaman.

2. Membawa Draft atau Laporan

Jangan datang ke konsultasi pertama tanpa persiapan. Jangan datang ketika kalian belum ada usulan yang lengkap dan jelas. Setidaknya perjelas konsep penelitian kalian dan bawa draf pertama untuk membuktikan ketulusan Kalian. Saat konsultasi berlangsung, ketika dosen pembimbing kalian memberikan masukan, kalian dapat mengomunikasikan ide-ide kalian secara lisan sebelum menuliskannya. Jangan hanya memulai konsultasi jika kalian dahulu menunggu proposal kalian selesai dan lengkap.

3. Perhatikan Dosen Pembimbing 

Jam konsultasi peruntukkan hanya untuk konsultasi. Jangan menjadi sesi curhat pribadi kalian, tetapi untuk mendapatkan keterikatan pribadi dan menunjukkan perhatian kalian secara pribadi, kalian dapat bertanya bagaimana keadaannya dan mendiskusikan sesuatu yang ringan dengan dosen kalian. Jika kalian mengetahui topik yang menarik untuk dibicarakan oleh dosen pembimbing, cobalah memulai percakapan tentang topik tersebut.

4. Jangan Panik dan Tergesa-gesa

Antusiasme dan semangat saat berkonsultasi memang bagus, tapi jangan agresif dan memberi kesan tergesa-gesa pada dosen kalian. Mereka memang bertanggung jawab atas skripsi kalian, tetapi mereka juga memiliki aktivitas dan tanggung jawab lain untuk diselesaikan. Sehingga jangan sampai ketika berkonsultasi kalian hanya menjadi beban untuk dosen pembimbing kalian, tetapi sebisa mungkin saling memberikan perhatian dan semangat dalam menyelesaikan tanggung jawab masing-masing.

gambar: freepik.com

Related Posts