Peningkatan hasil belajar PKn materi makna bersatu dalam keberagaman melalui model role playing di kelas 3 SDN Karangengah 2 Kota Blitar

Abstrak: Latar belakang penelitian didasarkan pada hasil observasi dan wawancara sebagai berikut: (1) pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, (2) siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, (3) hasil belajar siswa rendah, yaitu dari 23 siswa, jumlah siswa yang tidak tuntas 13 ( 57% ) dan 10 (43%) siswa tuntas KKM (≥75). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model role playing pada materi makna bersatu dalam keberagaman, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makna bersatu dalam keberagaman. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus masing-masing dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajianan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model role playing pada materi makna bersatu dalam keberagaman dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 87% dengan kategori baik meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 79% dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat 93% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar pengetahuan siswa pada siklus I dengan rata-rata 76 dengan kategori cukup. Meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 90 dengan kategori baik. Berdasarkan paparan diatas dapat disimpulkan penerapan model role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 pada materi makna bersatu dalam keberagaman. Dengan demikian diharapkan guru dapat menerapkan model role playing pada materi makna bersatu dalam keberagaman atau materi yang lainnya.

Kata kunci: hasil belajar, makna bersatu dalam keberagaman, role playing

Suryaningrum, Dwi Ambarsari (2019) Peningkatan hasil belajar PKn materi makna bersatu dalam keberagaman melalui model role playing di kelas 3 SDN Karangengah 2 Kota Blitar / Dwi Ambarsari Suryaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts