Peningkatan hasil belajar materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab melalui model role playing untuk membentuk karakter siswa kelas V SDN 1 Jambu Trenggalek

Abstrak: Hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran PKn di kelas V SDN 1 Jambu Trenggalek adalah sebagai berikut: (1) penyajian materi tanpa menggunakan model pembelajaran, (2) belum adanya penanaman nilai karakter pada siswa, (3) siswa pasif dalam pembelajaran, (4) siswa belum diberikan kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri, (5) hasil belajar siswa masih tergolong rendah yaitu hanya 7 siswa yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan 38,8%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab melalui penerapan model role playing pada siswa kelas V SDN 1 Jambu Trenggalek. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan masing-masing siklus terdapat empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data terdiri dari data proses dan data hasil. Data proses berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data hasil berupa data hasil belajar pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penerapan model role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab pada siswa kelas V SDN 1 Jambu Trenggalek. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebesar 70% meningkat pada siklus II menjadi 93,4%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 66,7% kemudian meningkat menjadi 93,4% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada tahap pratindakan diperoleh nilai rata-rata yaitu 63,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 38,8%. Pada siklus I rata-rata nilai pengetahuan siswa yaitu 72,6 dengan persentase 66,7% yang termasuk kriteria kurang, meningkat pada siklus II menjadi 83,9 dengan persentase 94,4% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek sikap siklus I sikap yang sering muncul adalah kerjasama, dan siklus II sikap yang sering muncul adalah toleransi. Hasil belajar siswa aspek keterampilan juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan paparan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing pada materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Jambu Trenggalek serta mampu membentuk karakter siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada guru agar menerapkan model role playing dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, model kewajiban dan tanggung jawab, model role playing

Putri, Ana Novita Dewi (2019) Peningkatan hasil belajar materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab melalui model role playing untuk membentuk karakter siswa kelas V SDN 1 Jambu Trenggalek / Ana Novita Dewi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts