4 Bagian Penting Pada Latar Belakang Skripsi

Sebagai seorang mahasiswa sudah pasti tidak asing dengan yang namanya “Latar Belakang”. Kalian sudah pasti sering menemuinya di proposal dan karya tulis kalian. Latar belakang adalah subbagian pertama dalam Bab 1 atau bab pendahuluan. Latar belakang menjelaskan mengapa Kalian melakukan penelitian. Saat menulis latar belakang, Kalian tidak hanya mengungkapkan pendapat, tetapi juga perlu didukung oleh data terkini dan literatur yang relevan. Latar belakang dibagi menjadi beberapa bagian.

1. Bagian Pertama

Paragraf pertama menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam penelitian. Kalimat pertama di paragraf pertama akan menentukan apakah orang lain akan membaca artikel kalian atau tidak. Jadi, Kalian perlu menulis kalimat yang menarik tetapi tetap ilmiah di kalimat pertama. Kalimat berikutnya dapat menambahkan data relevan terbaru.

2. Bagian Kedua

Paragraf kedua menjelaskan penelitian sebelumnya dan menjelaskan kekurangan penelitian sebelumnya. Dalam paragraf ini, Kalian memang membutuhkan dukungan dari literatur sebelumnya.

3. Bagian Ketiga

Paragraf ketiga memberikan gambaran umum tentang solusi yang ditawarkan dan manfaat dari solusi kalian, dengan literatur pendukung yang relevan.

4. Bagian Keempat

Paragraf ini merangkum tujuan dari latar belakang dan juga dapat menambahkan judul penelitian yang akan dilakukan. Dalam paragraf ini, Kalian hanya perlu menuliskan sudut pkalianng dan dasar penelitian Kalian tanpa menambahkan data atau literatur.

gambar: freepik.com

Related Posts