Abstrak: Tujuan pendidikan nasional telah mencakup pendidikan karakter. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan karakter yaitu melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter pada buku ajar, diantaranya buku siswa kelas III tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Buku siswa tersebut merupakan buku ajar yang baru diterbitkan oleh kemendikbud pada tahun ajaran 2018/2019. Adanya permasalahan berdasarkan hasil penelitian terdahulu mengenai muatan nilai-nilai karakter pada buku ajar Sekolah Dasar yang belum memadai dalam memuat nilai-nilai karakter, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan objek yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat pada bagian informasi pendukung, bagian petunjuk kerja/kegiatan, dan bagian tagihan kerja/latihan buku siswa kelas III tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini menunjukkan bahwa buku siswa kelas III tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup telah memuat nilai-nilai karakter. Pada bagian informasi pendukung memuat 12 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013, dengan nilai karakter yang tidak termuat yaitu nilai karakter jujur, mandiri, demokrasi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan cinta damai. Sedangkan nilai karakter baru yang termuat pada bagian informasi pendukung yaitu nilai karakter bijaksana. Pada bagian petunjuk kerja/kegiatan memuat 13 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013, dengan nilai karakter yang tidak termuat yaitu nilai karakter semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sedangkan nilai karakter baru yang termuat pada bagian petunjuk kerja/kegiatan yaitu nilai karakter cermat. Pada bagian tagihan kerja/latihan memuat 13 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013, dengan nilai karakter yang tidak termuat yaitu semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, menghargai prestasi, dan tanggung jawab. Sedangkan nilai karakter baru yang termuat pada bagian tagihan kerja/latihan yaitu nilai karakter berpikir kritis dan cermat. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru untuk mengadopsi nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam 18 nilai karakter yang diterbitkan oleh kemendiknas. Selain itu bagi pemerintah selaku penerbit dapat menambahkan nilai-nilai karakter baru hasil temuan penelitian untuk dijadikan nilai-nilai karakter yang dikontrakkan pada Kurikulum 2013. Sementara itu, penelitian inidapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai pijakan serta sebagai penambah wawasan untuk menganalisis suatu buku teks secara sistematis.
Kata kunci: Nilai-nilai Karakter, Buku Siswa, Sekolah Dasar
Nasution, Dedek Handayani (2019) Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas III Sekolah Dasar edisi revisi 2018 / Dedek Handayani Nasution. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
sumber: repository.um.ac.id