6 Tips Ampuh Menyelesaikan Skripsi Dalam Waktu Sebulan

Bukan tidak mungkin seorang mahasiswa menyelesaikan skripsinya hanya dalam satu bulan. Jika senior, teman atau mahasiswa yang satu bimbingan dengan kalian tidak bisa melakukannya dalam satu bulan, bukan berarti kalian juga tidak bisa, bukan? Menyelesaikan skripsi dalam satu bulan bukanlah tugas yang mudah. Tapi bukan berarti tidak mungkin juga. Di bawah ini, kami membagikan beberapa tips ampuh menyelesaikan skripsi dalam satu bulan.

1. Mulailah Lebih Awal

Memulai lebih awal akan memberi kalian lebih banyak waktu untuk belajar, membaca jurnal dan literatur serta mempersiapkan mental untuk menghadapi dosen pembimbing dan sidang kalian.

2. Fokus Saat Mengerjakan

Menunggu jadwal kosong dari dosen serta mengerjakan revisi memang dapat menguras energi dan pikiran. Tidak jarang banyak mahasiswa memutuskan untuk mengalihkan perhatian mereka ke pekerjaan paruh waktu, magang, membuka layanan sebagai pekerja lepas, atau waktu istirahat untuk bersantai. Tetapi jika kalian mengalihkan perhatian kalian ke hal-hal lain tersebut, kalian akan lebih lambat menyelesaikan skripsi. Jika butuh beberapa hari untuk menunggu jadwal dari dosen pembimbing kalian, Kalian bisa mengisi waktu tersebut dengan mendalami topik dan judul penelitian kalian, sehingga kalian akan lebih siap dan persuasif saat berkonsultasi. Bukan tidak mungkin kan dalam satu kali bimbingan, proposal atau laporan kalian di ACC?

3. Buat Tujuan Pribadi

Biasanya dosen pembimbing akan menetapkan timeline dan target yang harus kalian selesaikan dalam kurun waktu tertentu. Tetapi jika kalian tidak menetapkan timeline pribadi, akan terasa sulit untuk mencapainya. Misalnya, dosen pembimbing kalian mengharuskan Bab 1 untuk diselesaikan dalam waktu satu bulan. Kalian bisa membuat timeline pribadi dengan menyelesaikan dalam jangka waktu 25 hari. Sehingga kalian masih punya waktu 5 hari untuk membaca kembali dan mengoreksinya agar ketika bimbingan kalian sudah siap.

4. Memiliki Schedule Untuk Setiap Harinya

Jika kalian bingung harus mulai dari mana dalam mengerjakan target yang ditentukan oleh dosen pembimbing, ada baiknya kalian mencoba membuat timeline kalian menjadi target jangka pendek atau harian untuk mempermudah proses pengerjaannya. Misalnya hari ini, kalian harus mencari dan mengumpulkan jurnal yang terkait dengan penelitian kalian, besok kalian harus membaca dan mereview jurnal jurnal tersebut dan seterusnya, sehingga kalian memiliki timeline yang jelas dan tidak kebingungan hari ini harus seperti apa.

5. Melakukan Evaluasi

Mencapai target tepat waktu bukanlah hal yang mudah. Jadi kalian perlu melakukan penilaian mingguan atau penilaian harian karena setiap target yang baik akan sulit tanpa adanya evaluasi yang teratur. Ditambah lagi, evaluasi yang rutin ini akan meningkatkan kepercayaan diri kalian untuk mengejar target yang lebih besar di hari berikutnya

6. Berkolaborasi dengan Orang Lain

Tidak semua orang suka dan pandai dalam menulis, Kalian dapat meminta bantuan orang lain. Misalnya, kalian bisa meminta pihak lain untuk menyebarkan kuesioner atau melakukan tes sampel sehingga proses pengerjaan skripsi kalian akan terasa lebih ringan dan lebih efisien.

gambar: freepik.com

Related Posts