Peningkatan keterampilan memahami isi bacaan narasi menggunakan boneka tongkat pada siswa kelas III SDB Sawojajar 5 Kota Malang

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memahami isi bacaan narasi dalam muatan Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Sawojajar 5 kota malang, dengan menggunakan boneka tongkat. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek yang berjumlah 32 siswa, 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan memahami isi bacaan narasi siswa menggunakan boneka tongkat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 1 kali pertemuan. Tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan penggunaan boneka tongkat untuk meningkatkan keterampilan memahami siswa terhadap isi bacaan narasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data yang berupa observasi, dokumentasi kegiatan dan tugas siswa. Analisis kuantitatif digunakan untuk data yang diperoleh dari hasil tes memahami bacaan siswa sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan boneka tongkat dapat meningkatkan keterampilan dan proses belajar memahami isi bacaan siswa kelas III SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Pada pelaksanaan tindakan siklus I sudah banyak siswa yang tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan ada juga yang masih tidak bisa mengikuti pembelajaran ini dengan baik, selain itu guru juga belum bisa membuat suara yang berbeda untuk lebih membuat karakter setiap tokoh berbeda. Oleh karena itu, perlu diadakan siklus II guna memperbaiki kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus II hampir semua sudah aktif dan antusias dalam pembelajaran dengan pembawaan cerita dengan suara yang berbeda untuk setiap tokoh dalam cerita, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami isi bacaan melalui boneka tongkat. Dari perbaikan yang telah dilakukan oleh guru, terjadilah peningkatan proses yang dapat dilihat dari kondisi siswa yang lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Peningkatan proses dapat mempengaruhi peningkatan pada kualitas hasil. Hal ini berdasarkan tes siswa terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar 66,96 dengan tingkat persentase ketuntasan 25℅, pascatindakan siklus I sebesar 71,28 dengan tingkat persentase 43,75℅ kategori kurang, dan pascatindakan siklus II 88,06 dengan persentase 93,75℅ dengan kategori Sangat Baik.

Kata kunci: Boneka tongkat, pembelajaran, hasil belajar

Alif, Afrina (2019) Peningkatan keterampilan memahami isi bacaan narasi menggunakan boneka tongkat pada siswa kelas III SDB Sawojajar 5 Kota Malang / Afrina Alif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts