Penggunaan media "Pansa Paner" untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran panjang dan berat pada kelas IV SDN Karangbesuki 1 Jombang

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang dengan masalah yang terjadi pada siswa kelas IV SDN Karangpakis 1 Jombang. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa kelas IV yaitu paham tentang pengukuran satuan panjang dan berat. Dalam materi pengukuran satuan panjang dan berat terdapat konsep-konsep pembulatan hasil pengkonversian satuan yang abstak. Dengan media tangga konversi yang digunakan oleh siswa, ternnyata masih banyak siswa yang belum paham. Hal ini dibuktian dengan nilai rata-rata klasikal yang masih rendah yaitu 44,4 dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Oleh karena itu, diperlukan media yang lebih kongret untuk meningkatkan pemahaman siswa. Maka, media papan satuan panjang dan berat (Pansa Paner) dijadikan media yang lebih konkret untuk siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penggunaan media "Pansa Paner" untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran panjang dan berat pada siswa kelas IV SDN Karangpakis 1 Jombang, (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep pengukuran panjang dan berat siswa kelas IV SDN Karangpakis 1 Jombang saat menggunakan media "Pansa Paner". Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Karangpakis 1 Jombang dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Setiap siklusnya dilakukan dengan tahapan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif melalui tahapan pereduksian, penyajian, dan penyimpulan data. Dari hasil penelitian ditujukan bahwa pada siklus 1 belum semua siswa dapat menggunakan media "Pansa Paner" dengan baik. Beberapa siswa masih kesulitan menghitung satuan konversi dengan benar, seperti penempatan koma (,) pada bilangan. Pada siklus 2, siswa sudah bisa menggunakan media "Pansa Paner" dan sebagian besar siswa sudah mampu melakukan pengkonversian satuan dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan media "Pansa Paner" dapat meningkatkan pemahaman konsep pengukuran satuan panjang dan berat, hal ini dilihat dari kemampuan siswa menghitung satuan konversi dengan baik. Saran yang dapat disampaikan yaitu penggunaan media dalam pembelajaran dapat memberi rangsangan agar siswa lebih memahami suatu konsep dalam kegiatan belajar.

Kata kunci: "Pansa Paner", pengukuran panjang dan berat, SD

Pambudi, Aries Singgih (2019) Penggunaan media "Pansa Paner" untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran panjang dan berat pada kelas IV SDN Karangbesuki 1 Jombang / Aries Singgih Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts