Analisis kesalahan penulisan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas V SDN Buring Kota Malang

Abstrak: Menulis hendaknya memperhatikan tanda baca sesuai dengan ejaan yang telah ditentukan dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Namun pada kenyataannya masih ada beberapa ketidaktepatan dalam menulis tanda baca yang ditemui pada setiap hasil tulisan. Terlebih pembelajaran mengenai aturan pemberian tanda baca dengan tepat sudah diajarkan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kesalahan dalam penulisan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas V SDN Buring Kota Malang, (2) mengetahui penyebab kesulitan siswa dalam penulisan tanda baca pada karangan narasi kelas V SDN Buring Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena datanya berupa kata-kata. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi (1) kesalahan penulisan tanda baca, (2) proses menulis tanda baca oleh siswa, (3) kesulitan menulis tanda baca oleh siswa. Setelah melalui proses analisis terhadap 21 karya tulis karangan narasi, siswa paling banyak melakukan kesalahan pada tanda baca koma dan titik. Diikuti oleh tanda baca petik, seru dan tanya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada bagi sekolah Seharusnya sekolah dapat menambah buku-buku bacaan mengenai macam-macam tanda baca. Bagi guru seharusnya guru lebih sering mengajarkan dan menginformasikan apa saja macam-macam tanda baca. Bagi peneliti lain Supaya dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan objek penelitian siswa dikelas atau disekolah yang lain.

Kata kunci: Kesalahan, Tanda Baca, Karangan Narasi

Choirunnisa, Alifia Rachma (2019) Analisis kesalahan penulisan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas V SDN Buring Kota Malang / Alifia Rachma Choirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts