Peningkatan hasil belajar materi sumber daya alam melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN Krisik 01 Kabupaten Blitar

Abstrak: Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas IV SDN Krisik 01 Kabupaten Blitar diketahui bahwa: (1) guru mendominasi dalam kegiatan pembelajaran, artinya guru menjelaskan materi kemudian siswa hanya duduk mengerjakan dan mengumpulkan, (2) di dalam proses pembelajaran jarang memakai media pembelajaran, (3) guru selalu menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan (4) guru belum pernah menerapkan suatu model pembelajaran, (5) minat siswa terhadap muatan IPS rendah, ditandai dari 30 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM adalah 11 siswa, dan 19 siswa diantaranya belum mencapai KKM (≥70). Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya solusi untuk memecahkan kesenjangan ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan penerapan model problem based learning pada proses pembelajaran materi sumber daya alam dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi sumber daya alam melalui model problem based learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru sebesar 97,5% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil persentase aspek pengetahuan pada siklus I mencapai 73% meningkat menjadi 97% pada siklus II. Hasil persentase aspek keterampilan sebesar 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 97%. Hasil aspek sikap pada siklus I masih ada 9 siswa yang perlu bimbingan dalam membangun sikap percaya diri dan 11 siswa untuk kerjasamanya. Pada siklus II menunjukkan keseluruhan siswa telah memperoleh kriteria sangat baik pada ketiga aspek sikap. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar siswa kelas IV SDN Krisik 01 dalam pembelajaran materi sumber daya alam juga meningkat pada ketiga aspek. Disarankan apabila guru ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS dapat menerapkan model problem based learning.

Kata kunci: hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial, problem based learning

Afwa, Ana Nailatul (2019) Peningkatan hasil belajar materi sumber daya alam melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN Krisik 01 Kabupaten Blitar / Ana Nailatul Afwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts