Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IV di SDN 1 Jajar

Abstrak: Hasil observasi terhadap pembelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Jajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena (1) pada saat proses pembelajaran, siswa masih tergantung kepada guru, (2) sumber belajar yang digunakan masih terbatas, (3) siswa kesulitan dalam memahami materi tentang kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IV SDN 1 Jajar kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklusnya. Jenis data yang diperlukan yaitu data proses yang diperoleh dari pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar yang diperoleh dari penilaian terhadap hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan berpedoman pada langkah analisis data penelitian kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model jigsaw mengalami peningkatan pada nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal yang dicapai siswa. Nilai rata-rata kelas pada tahap pratindakan yaitu 61,43 dengan persentase ketuntasan klasikal 35,71% termasuk kriteria perlu bimbingan. Pada siklus I rata-rata nilai pengetahuan siswa yaitu 72,86 dengan persentase ketuntasan klasikal 50% termasuk kriteria perlu bimbingan. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata pengetahuan siswa yaitu 86,96 dengan persentase ketuntasan klasikal 100% termasuk kriteria sangat baik. Pada aspek keterampilan siklus I, siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 7 siswa, mendapat skor 3 sebanyak 6 siswa, dan 1 siswa mendapat skor 2. Sedangkan pada siklus II, siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 10 siswa dan 4 siswa mendapat skor 3. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Jajar. Oleh karena itu, disarankan bagi guru supaya menerapkan model jigsaw dalam pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, kegiatan ekonomi, model jigsaw

Hidayah, Anis Syamrotul (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IV di SDN 1 Jajar / Anis Syamrotul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts