Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin di SDN Bedilan Gresik

Abstrak: Penguatan pendidikan karakter merupakan upaya yang dilaksanakan untuk membentuk nilai karakter bagi peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Bedilan Gresik, peneliti masih menemukan beberapa peserta didik yang kurang disiplin seringkali datang terlambat ke sekolah, kurang sopan terhadap petugas sekolah. Maka SDN Bedilan Gresik berupaya untuk membangun karakter peserta didik, salah satunya melalui kegiatan rutin . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin di SDN Bedilan Gresik, nilai-nilai penguatan pendidikan karakter yang tampak pada peserta didik, dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan di SDN Bedilan Gresik melalui kegiatan rutin kegiatan berjabat tangan, kegiatan upacara bendera hari Senin, kegiatan berbaris sebelum masuk kelas, kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, kegiatan membaca surat pendek, kegiatan piket kelas, kegiatan salat dzuhur berjamaah, kegiatan senam pagi, kegiatan infaq Jumat, kegiatan istighosah telah memunculkan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter yaitu religius dengan sub nilai ketulusan dan teguh pendirian; nasionalis dengan sub nilai disiplin dan apresiasi budaya bangsa sendiri; gotong royong dengan sub nilai kerja sama dan tolong menolong; integritas dengan sub nilai tanggung jawab, komitmen moral dan keteladanan; mandiri dengan sub nilai keberanian. Kendala yang dihadapi dalam membangun karakter peserta didik yaitu kurangnya pengawasan guru dan orang tua yang terlalu memanjakan anak sehingga berdampak kurang baik bagi anak. Kesimpulan penelitian ini, penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan di SDN Bedilan Gresik dapat menanamkan lima nilai penguatan pendidikan karakter sesuai dengan yang dijabarkan oleh Kemendikbud. Saran yang diberikan peneliti, yaitu (1) kegiatan rutin yang telah dilaksanakan perlu dipertahankan dan ditingkatkan di SDN Bedilan, (2) orang tua sering dilibatkan dalam kegiatan sekolah, untuk guru juga dapat membuat jadwal yang menjadi pendamping dari setiap kegiatan rutin, (3) untuk peneliti lain agar lebih banyak kegiatan rutin yang dianalisis.

Kata kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Kegiatan Rutin, Sekolah Dasar

Zaqiyah, Arrofatuz (2019) Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin di SDN Bedilan Gresik / Arrofatuz Zaqiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts