Analisis kesesuaian materi pada buku siswa kelas 2 SD/MI (revisi 2017) tema Bermain di Lingkunganku dengan kompetensi dasar kurikulum 2013

Abstrak: Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Menurut BSNP buku siswa yang baik adalah buku siswa yang memiliki kesesuaian antara materi dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika melaksanakan KPL, peneliti menemukan ketidaksesuaian materi dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 pada muatan PPKn, untuk itu perlu analisis lebih dalam terhadap keseluruhan materi pada buku siswa kelas 2 tema 2 yang meliputi pelajaran PPKn, Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP, dan PJOK. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan kesesuaian materi pada buku siswa kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku (revisi 2017) dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian evaluatif dengan teknik analisis isi. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen analisis kesesuaian materi pada buku siswa Tema 2 Bermain di Lingkunganku edisi revisi 2017 dengan Kompetensi Dasar 2013. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kesesuaian materi pada buku siswa kelas 2 tema 2 Bermain di Lingkunganku dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 dikategorikan cukup sesuai dengan persentase kesesuaian 45%. Kesesuaian materi pada muatan PPKn dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 dikategorikan kurang sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 26%. Kesesuaian materi pada muatan Matematika dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 dikategorikan sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 62%. Kesesuaian materi pada muatan Bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 dikategorikan cukup sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 47%. Kesesuaian materi pada muatan SBdP dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 dikategorikan cukup sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 51%. Kesesuaian materi pada muatan PJOK dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 dikategorikan cukup sesuai dengan persentase kesesuaian sebesar 48%. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu adanya perbaikan ketidaksesuaian materi pembelajaran dalam buku ajar agar dapat sesuai dengan standar kurikulum 2013, sehingga siswa tetap mendapatkan kualitas pembelajaran yang bermutu.

Kata kunci: Materi, Buku Siswa Kelas 2 Tema Bermain di Lingkunganku, Kompetensi Dasar, Kurikulum 2013

Rahmaputri, Asri Andar (2019) Analisis kesesuaian materi pada buku siswa kelas 2 SD/MI (revisi 2017) tema Bermain di Lingkunganku dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 / Asri Andar Rahmaputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts