Analisis pemahaman siswa terhadap teks nonfiksi berdasarkan kriteria PIRLS di kelas V SD Negeri se-gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang

Abstrak: Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) mengorientasikan pembelajaran berbasis teks dan menempatkan bahasa indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan, sehingga di dalam pembelajaran dibutuhkan keterampilan membaca. Hasil riset PIRLS 2011 menyatakan bahwa pemahaman membaca siswa masih rendah, oleh karena itu pemerintah merancang program gerakan literasi baca yang dilakukan 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan analisis kembali mengenai pemahaman siswa terhadap teks nonfiksi berdasarkan kriteria PIRLS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap teks nonfiksi berdasarkan kriteria PIRLS yang terdiri dari 4 tingkatan pemahaman, meliputi: (1) tingkat pemahaman rendah (low), (2) tingkat pemahaman sedang (intermediate), (3) tingkat pemahaman tinggi (high), dan (4) tingkat pemahaman sempurna (advanced). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan bersumber dari kelas V SD Negeri Se-Gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, yang terdiri dari 9 SD Negeri dengan total siswa sebanyak 154. Pengambilan data menggunakan teknik random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kemampuan siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang dalam memahami teks nonfiksi berdasarkan kriteria PIRLS, yaitu (50,93%). Dari data tersebut dapat dijabarkan lebih rinci sesuai dengan rata-rata pemahaman siswa pada masing-masing tingkat pemahaman PIRLS sebagai berikut (1) tingkat pemahaman low dengan rata-rata 61,30% yang termasuk dalam kategori baik, (2) tingkat pemahaman intermediate dengan rata rata 54,96% yang termasuk ke dalam kategori cukup (3) tingkat pemahaman high dengan rata-rata 51,44% dengan kategori cukup, dan (4) tingkat pemahaman advanced dengan rata-rata 22,96% yang termasuk kategori kurang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi guru untuk mempersiapkan berbagai pertanyaan yang digunakan di dalam pembelajaran sesuai dengan kriteria PIRLS dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan dengan pengambilan sampel yang lebih luas.

Kata kunci: Memahami, Teks nonfiksi, PIRLS, Kelas V, SD

Sasmi, Dewi (2019) Analisis pemahaman siswa terhadap teks nonfiksi berdasarkan kriteria PIRLS di kelas V SD Negeri se-gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang / Dewi Sasmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts