Analisis muatan nilai-nilai Pancasila dalam buku siswa kelas V tema 8 "Lingkungan Sahabat Kita" edisi revisi 2017

Abstrak: Buku siswa merupakan buku ajar yang digunakan peserta didik dalam pembelajaran 2013 khususnya pada jenjang sekolah dasar. Peran buku siswa tidak hanya sebagai sumber pengetahuan secara faktual, namun sebagai pembentukan karakter peserta didik yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Muatan nilai Pancasila tersebut termuat pada bagian informasi pendukung, petunjuk kegiatan, tagihan kerja/latihan dan bagian evaluasi. Pengintegrasian muatan nilai Pancasila dalam buku siswa sangat penting untuk diketahui guna membentuk pribadi peserta didik sesuai dengan nilai Pancasila. Namun kenyataannya muatan nilai Pancasila dalam buku siswa masih belum seimbang dan merata. Tujuan dari penelitian ini yakitu untuk mendeskripsikan: (1) muatan nilai-nilai Pancasila pada bagian informasi pendukung buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita; (2) muatan nilai-nilai Pancasila pada bagian petunjuk kegiatan buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita; (3) muatan nilai-nilai Pancasila pada bagian tagihan kerja/latihan buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita; dan (4) muatan nilai-nilai Pancasila pada bagian evaluasi buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis analisis isi. Buku siswa yang menjadi subjek penelitian yaitu buku siswa kelas V tema 8 edisi revisi 2018 yang digunakan dalam pembelajaran semester genap. Instrumen penelitian utama yakni peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, (1) pengumpulan data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memaparkan bahwa muatan nilai-nilai Pancasila telah termuat pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita. Muatan nilai Pancasila tersebut diintegrasikan pada bagian informasi pendukung, petunjuk kegiatan, tagihan kerja/latihan, dan evaluasi. Jumlah kemunculan nilai Pancasila diurutkan dari muatan yang paling besar yakni nilai Persatuan (sebanyak 60), nilai kemanusiaan (sebanyak 14), nilai demokrasi (sebanyak 13), nilai keadilan (sebanyak 13), dan nilai ketuhanan (sebanyak 8). Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diambil yaitu, muatan nilai-nilai Pancasila pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita sudah termuat pada bagian informasi pendukung, petunjuk kegiatan, tagihan kerja/latihan dan evaluasi. Namun, kemunculannya belum seimbang dan merata, masih perlu adanya pengintegrasian muatan nilai Pancasila dalam setiap komponen pada buku siswa.

Kata kunci: analisis, nilai Pancasila, buku siswa

Wulandari, Dewi (2019) Analisis muatan nilai-nilai Pancasila dalam buku siswa kelas V tema 8 "Lingkungan Sahabat Kita" edisi revisi 2017 / Dewi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts