Abstrak: Permasalahan dalam penelitian yang dilakukan pada saat pembelajaran PKn di kelas IV SDN Gembongan 5 Kabupaten Blitar dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kewajiban dan hak masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada materi kewajiban dan hak ini disebabkan oleh (1) ketertarikan siswa pada materi khususnya PKn masih, (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran saat melakukan kegiatan pembelajaran, (3) siswa merasa bosan dnegan materi yang disampaikan karena guru mendominasi dengan metode ceramah, dan (4) rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi kewajiban dan hak dengan memanfaatkan media pembelajaran audio visual video pada siswa kelas IV SDN Gembongan 5 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada materi kewajiban dan hak dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman siswa. Hal ini terbukti dari persentase aktivitas guru siklus I pertemuan ke-1 sebesar 90%, pertemuan ke-2 sebesar 95%, siklus II pertemuan ke-1 sebesar 100% , dan pertemuan ke-2 sebesar 100%. Persentase aktivitas siswa dari siklus I pertemuan ke-1 sebesar 85%, pertemuan ke-2 sebesar 86,47%, siklus II pertemuan ke-1 sebesar 93,52%, pertemuan ke-2 sebesar 95,88%. Persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas IV dari siklus I pertemuan ke-1 sebesar 35,29%, pertemuan ke-2 sebesar 64,70%, siklus II pertemuan ke-1 sebesar 82,35%, dan pertemuan ke-2 sebesar 94,11%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar materi kewajiban dan hak pada siswa kelas IV SDN Gembongan 5 Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu, hendaknya guru memanfaatkan media audio visual dalam pembelajaran PKn agar hasil belajar siswa khususnya pada materi kewajiban dan hak dapat meningkat.
Kata kunci: hasil belajar, kewajiban, hak, media audio visual
Sa'diyah, Dewi Khalimatus (2019) Peningkatan hasil belajar materi kewajiban dan hak dengan memanfaatkan media audio visual di kelas IV SDN Gembong 5 Kabupaten Blitar / Dewi Khalimatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
sumber: repository.um.ac.id