5 Cara Agar Semangat Mengerjakan Skripsi

Ketika mengerjakan skripsi tentunya akan banyak menguras tenaga dan pikiran kalian bukan? Ada banyak mahasiswa yang akhirnya menambah semester karena malas ketika mengerjakan skripsi di tengah jalan. Nah, pada kesempatan kali ini, ada beberapa cara agar kalian tetap semangat saat mengerjakan skripsi

1. Bergabunglah dengan Mahasiswa Lain yang Tengah Mengerjakan Skripsi

Daripada berjuang sendirian, lebih baik berjuang bersama agar ada seseorang untuk mendorong kalian. Selain itu, jika kalian bergabung dengan pejuang skripsi yang lain, kalian dapat berbagi masalah dan mencari solusi. Meminta semangat dan motivasi, sekaligus saling berkeluh kesah.

2. Ingat Keluarga

Jika pikiran kalian mulai capek dan kalian ingin berhenti. Cobalah untuk mengingat keluarga kalian di rumah, orang tua yang membiayai kuliah kalian. Serta mungkin, ada tanggung jawab kalian sebagai seorang kakak untuk adik kalian. Jangan biarkan mereka kecewa karena mereka tidak bisa melihat kalian lulus dan wisuda. Hal ini dapat memotivasi kalian untuk segera menyelesaikan skripsi kalian

3. Jangan Lupa Berikan Reward Untuk Diri Sendiri

Berjuang tanpa dihargai benar-benar menyakitkan. Jadi setiap kali kalian mencapai target kalian, kalian perlu menghargai diri sendiri. Imbalan tidak harus mahal atau boros. Misalnya, jika kalian benar-benar ingin makan yang enak, maka sesekali kalian bisa singgah dan makan di tempat yang kalian inginkan tersebut setelah mencapai target pribadi sesuai tenggat waktu.

4. Datang ke Sidang dan Wisuda Teman

Dibutuhkan keberanian untuk datang ke yudisium dan lulus sambil tetap berkutat dengan revisi. Tapi jangan khawatir, cara ini benar-benar manjur dan bisa mendorong kamu untuk lulus secepat teman-teman kalian.

5. Sharing dengan Teman

Mungkin selama ini kalian sedang mengerjakan skripsi dan menganggap semuanya sudah benar, namun ternyata masih ada yang kurang. Inilah sebabnya mengapa diperlukan orang lain yang dapat memberikan perspektif baru serta saran saran yang dapat membuat skripsi kalian lebih bagus. Hal-hal seperti ini sangat penting untuk menyempurnakan skripsi Kalian.

gambar: freepik.com

Related Posts