Peningkatan hasil belajar sumber daya alam melalui model TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar

Abstrak: Observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar menunjukkan bahwa: (1) tidak diterapkannya metode maupun model pembelajaran yang bervariasi, (2) kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran, (3) siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran, (4) tidak adanya reinforcement, (5) hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam masih rendah, yaitu hanya terdapat 5 dari 21 siswa yang tuntas dalam pembelajaran atau sebesar 24%. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan diterapkannya model pembelajaran TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksananakan selama 2 siklus dengan tahapan masing-masing siklus adalah: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data dianalisis melalui kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa. Persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 84% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Siswa aktif dan antusias dalam mengikuti setiap tahapan pada model pembelajaran TGT. Terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 50% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Kesimpulannya model pembelajaran TGT telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru maupun siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar. Untuk itu dalam menerapkan model pembelajaran TGT, guru hendaknya mampu mengkondisikan kelas dengan baik, memberikan perhatian lebih kepada siswa dalam kegiatan kelompok dan turnamen, serta mempertimbangkan waktu pelaksanaan setiap tahapan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) khususnya dalam kegiatan turnamen karena membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Kata kunci: peningkatan hasil belajar, sumber daya alam, model pembelajaran Teams Gams Tournament

Zahrok, Asnaul Lailina Nikmatuz (2019) Peningkatan hasil belajar sumber daya alam melalui model TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar / Asnaul Lailina Nikmatuz Zahrok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts