Penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik ice breaking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Buring Kota Malang

Abstrak: Aktivitas belajar IPA yang biasa dilakukan oleh siswa di SDN Buring Kota Malang yaitu kurang fokus dengan materi yang sedang berlangsung dan di dominasi aktivitas diluar belajar, pada saat melakukan percobaan guru kewalahan memberikan instruksi, sehingga tidak efisien, guru kurang mengkontrol sehingga kelas gaduh , hanya ada komunikasi searah antara guru ke siswa Rumusan masalah penelitian ini ada 3, meliputi (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik ice breakingpada muatan IPA kelas IV SDN Buring Kota Malang?; (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik ice breaking dalam meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Buring Kota Malang?; (3) Bagaimana penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik ice breakingdalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada muatan IPA kelas IV SDN Buring Kota Malang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus dari Kemis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Buring Kota Malang. Jumlah siswa kelas IV SDN Buring Kota Malang yaitu sebanyak 42 anak Jumlah siswa laki-laki yaitu 27 anak dan siswa perempuan yaitu15 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 4 teknik pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara catatan lapangan, tes dandokumentasi. Data yang terkumpul dari hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini, penelitian ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu pra pengembangan, pengembangan, penutup dan evaluasi. Hal ini dapat dilihat dari presentase keberhasilan pada pra tindakan sebesar 25%. Mengalami kenaikan untuk hasil belajar pada siklus I 80,24%, sedangkan aktivitas belajar mengalami kenaikan sebesar 79,9% pada siklus II hasil belajar meningkat mencapai 89,01% dan aktivitas belajar mencapai 85,5% penelitian ini dapat dinyatakan tercapai dikarenakan presentase yang dicapai Kesimpulan dari penelitian ini yaitupenerapan model pembelajaran langsung dengan teknik ice breakingdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ipa di kelas IV. Dengan demikian, penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan tehnik pembelajaran ini sebagai tehnik yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Penerapan Model Pembelajaran, Teknik Ice Breaking, aktivitas dan hasil belajar

Anggara, Dikna Wahyu (2019) Penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik ice breaking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Buring Kota Malang / Dikna Wahyu Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

sumber: repository.um.ac.id

Related Posts